Wednesday, April 4, 2012

BIAYA DAN PENGHASILAN BUNGA

lintasberita
Bunga berkaitan dengan pinjaman, bagi yang membayar dapat merupakan biaya, dan bagi yang menerimanya dapat merupakan Penghasilan Kena Pajak

BIAYA BUNGA
Berdasarkan Pasal 6 (1a) UU PPh, bunga yang dibayarkan oleh Wajib Pajak baik kepada lembaga perbankan atau yang lainnya, merupakan biaya yang dapat diperlakukan sebagai pengurang penghasilan bruto untuk mendapatkan peghasilan kena pajak
- Biaya bunga dapat dibedakan menjadi seperti berikut :
·         - Biaya bunga yang sudah dikenakan PPh Final
·         - Biaya bunga yang belum dikenakan PPh final

Biaya Bunga Yang sudah Dikenakan PPh Final
Pembayaran bunga yang dilakukan oleh perbankan, baik dari bunga tabungan, deposito, SBI maupun obligasi, akan dikenakan PPh Final sebesar 20%. Sedangkan pembayaran bunga simpanan dari anggota koperasi dikenakan PPh Final sebesar 15%
Besarnya pembayaran bunga beserta pajaknya, baik yang final maupun tidak, merupakan biaya untuk mendapatkan Penghasilan Kena Pajak bagi Wajib Pajak yang membayarkannya..
Contoh :
PT Bank Rakyat Sejahtera membayar bunga bunga bank sebesar Rp.10.000.000,00 kepada PT Semua Ada atas deposito yang ditanamkannya. Atas bunga tersebut dipotong PPh Final sebesar 20% oleh bersangkutan. Perlakuan biaya dari PT Semua Ada tersebut dijurnal sebagai berikut :

Biaya Bunga                                                                        Rp.10.000.000
                                Hutang Bunga                                                                                    Rp.8.000.000
                                PPh Final                                                             :                              Rp.2.000.000

Jurnal pelunasan dari hutang dan pembayaran pajak tersebut adalh sebagai berikut :

Kas/bank                                                                             Rp.8.000.000
PPh Final                                                                              Rp.2.000.000
                             Bank                                                                                                      Rp.10.000.000



Biaya Bunga yang Tidak Dikenakan PPh Final
Pembayaran bunga dilakukan bukan oleh perbankan, seperti pinjaman antar perusahaan akan dipotong PPh Pasal 23 sebesar 15%
Besarnya pembayaran bunga serta pajaknya, baik berupa final maupun tidak, merupakan biaya untuk mendapatkan Penghasilan Kena Pajak bagi Wajib Pajak yang membayarkannya.

Contoh :
PT Dahlia Raya membayar bunga bank sebesar Rp.10.000.000,- kepada PT Semua Ada atas pinjamannya, dan atas bunga pinjaman tersebut dipotong PPh Pasal 23 ebesar 15% oleh PT Dahlia Raya. Perlakuan biaya dari PT Dahlia Raya dijurnal sebagai berikut :
Biaya Bunga                                                        Rp.10.000.000
                                Hutang Bunga                        :                                            Rp.8.500.000
                                PPh Pasal 23                                                                     Rp.1.500.000
Jurnal pelunasan dari hutang pembayaran pajak tersebut adalah sebagai berikut :
Hutang Bunga                                                    Rp.8.500.000
PPh Pasal 23                                                     Rp.1.500.000
                                Kas/Bank                                                                             Rp.10.000.000

Perlakuan Biaya Bunga
Perlakuan bunga pada berbagai kegiatan adalah sebagai berikut :
·         Bunga yang atas pinjamannya diperuntukkan membeli saham
·         Selisih bunga yang dibayarkan ke pemilik saham
·         Bunga yang terjadi selain mempunyai pinjaman juga mempunyai tabungan/deposito
·         Bunga yang dibayarkan pada tahapan konstruksi

Biaya Bunga yang pinjamannya untuk membeli saham
Bunga pinjaman yang atas pinjamnnya tersebut dipergunakan untuk membeli saham tidak dapat diperlakukan sebagai biaya, sepanjang dividen yang diterima bukan merupakan obyek pajak, dan biaya bunga tersbut dapat dikapitalisasikan pada harga perolehan saham.
Contoh :
PT Melati meminjam uang dari Bank Mandiri sebesar Rp.25.000.000 dengan bunga 20% per tahun. Seluruh pinjaman tersebut dibelikan saham PT Dahlia. Bunga bank sebesar Rp.25.000.000 X 20% = Rp.5.000.000 tidak dapat diperlakukan sebagai pengurang Penghasilan Kena Pajak, tetapi dikapitalisasi pada nilai saham, sehingga nilai saham menjadi Rp.25.000.000 + Rp.5.000.00 = Rp.30.000.000

Biaya Bunga yang dibayarkan ke Pemilik Saham
Selisih antara bunga yang dibayar kepada pemegang saham dan bunga yang wajar tidak diperkenankan sebagi pengurang Penghasilan Kena Pajak.
Contoh :
PT Merpati membayar bunga bank sebesar Rp.10.000.000 kepada Deny sebagai salah satu pemegang saham yang memberikan pinjaman ke perusahaan. Bunga atas`pinjaman tersebut dihitung 50% per tahun, sementara tingkat bunga yang wajar adalah 20%. Besarnya bunga yang dapat dibebankan sebagai biaya untuk mendapatkan Penghasilan Kena Pajak adalah sebesar Rp.4.000.000 sedangkan selisih sebesar Rp.6.000.000 harus dilakukan koreksi fiscal positif.

Biaya Bunga Pinjaman tetapi mempunyai Deposito
Perlakuan biaya bunga apabila Wajib pajak selain mempunyai hutang juga mempunyai deposito diatur sesuai SE-46/PJ.04/2005 tanggal 5 Oktober 2005 sebagai berikut :
1.       Apabila jumlah rata-rata pinjaman sama besar atau lebih kecil  dari jumlah rata-rata dana yang ditempatkan sebagai deposito/tabungan, maka seluruh biaya bunga tidak dapat dibebankan sebagai biaya
2.       Apabila jumlah rata-rata pinjaman lebih besar dari jumlah rata-rata dana yang ditempatkan sebagai deposito/tabungan, maka biaya bunga yang dapat dikurangkan adalah biaya bunga rata-rata pinjaman yang melebihi jumlah rata-rata deposito


Berdasarkan SE Ditjen Pajak No: SE-22/PJ.42/1999 tanggal 27 Mei 1999, perlakuan biaya bunga selama masa konstruksi dapat diuraikan sebagi berikut :
·         Dalam hal pinjaman dipergunakan untuk membiayai pembangunan pabrik atau bangunan lain yang mempunyai manfaat lebih dari satu tahu, maka biaya yang timbul harus dikapitalisasi dalam harga pokok perolehan pabrik/bangunan, dan pembebanannya melalui penyusutan
·         Dalam hal pinjaman dipergunakan untuk membeli tanah yang bukan merupakan persediaan barang dagangan, maka biaya bunga dikapitalisasikan ke harga perolehan tanah dan tidak dapat disusutkan.

PENGHASILAN BUNGA
Bunga termasuk premium, diskonto, dan imbalan karena jaminan pengembalian utang merupakan Penghasilan Kena Pajak.
Bunga bank yang sudah terkena Pph Pasal 4 (2) yang bersifat merupakan penghasilan yang tidak perlu diperhitungkan sebagai Penghasilan kena Pajak, ettapi bunga yang belum dikenakan PPh Pasal 4 (2) merupakan penghasilan kena pajak.


Artikel Terkait:

8 comments:

  1. Kesaksian tentang bagaimana saya ditawari pinjaman tanpa agunan hanya 2% bunga.
    Nama saya Erna Wati, saya tinggal di sini di Indonesia dan saya saksi hidup dari kabar baik tentang Anita Lason Badan Kredit.
    Silahkan saya ingin Anda mendengarkan saya sangat hati-hati, diinformasikan bahwa tidak ada pemberi pinjaman di sini adalah bersedia untuk membantu Anda, bukan mereka hanya di sini untuk merobek Anda uang Anda sulit diperoleh. Suami saya dan saya sedang mencari pinjaman dari lender online yang berbeda tetapi pada akhirnya, kami ditipu dan merobek uang kita dengan perusahaan pinjaman yang berbeda bahkan online.We meminjam uang untuk membayar ini pemberi pinjaman online tapi pada akhirnya, kita punya apa-apa dan scammed dan ditipu.
    Suami saya dan saya berada di utang dan kami tidak punya satu untuk menjalankan untuk membantu, bisnis keluarga kami hancur dan kami tidak mampu untuk mendapatkan uang untuk memenuhi biaya sehari-hari mereka sampai kami diperkenalkan kepada Ibu Anita yang membantu kami dengan kami menawarkan tanpa jaminan pinjaman sebesar Rp 650.000.000 {ENAM RATUS LIMA PULUH JUTA RUPIAH INDONESIA} dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau stres dengan tingkat bunga hanya 2%. Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah i diterapkan untuk dikirim langsung ke rekening saya tanpa penundaan. Karena aku berjanji bahwa dia saya akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres.
    Silahkan Hubungi Ibu Anita hari ini untuk pinjaman Anda dan melupakan orang di sini yang menjanjikan Anda pinjaman karena pada kedua ujungnya, Anda tidak akan mendapatkan pinjaman mereka bukan ditipu selamanya. Saya mencintai negara saya dan saya harus mencegah kita dari telah scammed oleh pemberi pinjaman jahat pada internet.So jika Anda membutuhkan pinjaman apapun, silahkan menghubungi dia melalui email dia di anitalasonloanltd@gmail.com
    Untuk informasi lebih lanjut tentang bagaimana untuk mencapai Ibu Anita atau mengikuti prosedur pinjaman, Write saya melalui email saya, ernawati4929@gmail.com.

    ReplyDelete
  2. Selamat datang kepadamu, dan rahmat Allah dan berkat,
    Saya ingin menggunakan medium ini dan menghargai dan mengucapkan terima kasih kepada Dr Robert West, Pengarah Urusan Westrade Finance Firm untuk mengubah kisah kewangan saya dan menjadikan saya seorang pemilik bangga dari perniagaan saya sendiri.
    Saya tidak pernah fikir saya akan bertemu dengan seseorang seperti Dr. Robert. Dia seorang lelaki yang baik hati. Saya Sharifah amirul, dari bandar Johor Bahru di Malaysia, saya ingin mengambil masa saya untuk memberi keterangan mengenai Dr. Robert, kerana dia akhirnya menawarkan apa yang tidak ada orang lain.
    Suami saya dan saya pergi ke hutang besar dengan pemberi pinjaman wang dan bank dan kami sedang mencari pinjaman dari sebuah syarikat pinjaman yang berbeza tetapi semua tidak ada apa-apa. sebaliknya mereka membawa kami ke hutang yang lebih banyak dan akhirnya meninggalkan kami memecahkan sehingga saya bertemu dengan Dr Robert, dia menawarkan saya pinjaman walaupun pada mulanya saya takut ia akan berakhir seperti syarikat pinjaman lain saya telah cuba untuk meminjam dari sebelumnya, Tetapi saya telah mendapati bahawa dia tidak seperti mereka dan Dr, Robert akhirnya memberi pinjaman kepada saya, Sekarang kita akhirnya menyelesaikan hutang kita dan memulakan perniagaan baru dengan wang yang ditinggalkan pada pinjaman.
    jadi saya akan nasihat sesiapa yang memerlukan pinjaman untuk menghubungi Dr Robert
     e-mel.
    robertwestradefinancefirm@gmail.com
    atau anda juga boleh menghubungi saya melalui e-mel saya untuk maklumat lanjut: sharifahamirul05@gmail.com
    Terima kasih

    ReplyDelete
  3. Halo, nama saya ialah Aishyah Bin syafiq, saya masih terkejut kerana saya tidak pernah dalam hidup saya percaya bahawa ada pemberi pinjaman pinjaman dalam talian sebenar akibat pengalaman buruk saya yang saya ditipu oleh syarikat palsu di Filipina, tetapi saya kawan Sharifah Amirul memperkenalkan saya kepada Dr. Robert, permata yang jarang dan pemberi pinjaman pinjaman sebenar yang meminjamkan saya pinjaman sebanyak RM150,000, Sharifah Amirul memberitahu saya tentang Dr. Robert. bagaimana dia mendapat pinjaman daripada firma kewangan Robert Robert dan menunjukkan bukti pemindahan pinjaman dari akaun syarikat Dr Robert kerana pinjamannya telah diluluskan.
    Saya masih ragu-ragu sehingga saya menghubungi Dr Robert dengan ketakutan yang besar di hatiku, tetapi kejutan terbesar saya adalah untuk berjaya dan menerima pinjaman dan memulakan perniagaan yang baik dan kejutan besar saya, permintaan pinjaman saya telah diluluskan oleh Dr, Robert dan dalam masa 48 jam pemprosesan, saya mendapat pinjaman saya dipindahkan ke akaun bank saya dan sehingga kini saya masih terkejut dan saya telah bersumpah bahawa mana-mana syarikat pinjaman yang memberi pinjaman kepada saya, saya akan memberi keterangan mengenai syarikat pinjaman itu
    jadi saya menggunakan peluang ini untuk menasihati semua saudara lelaki dan saudara perempuan saya yang memerlukan pinjaman untuk menghubungi Dr Robert melalui
    e-mel: robertwestradefinancefirm@gmail.com
    dan anda juga boleh menghubungi saya melalui e-mel saya: aishyahsyafiq1985@gmail.com
    atau anda juga boleh menghubungi rakan saya yang memperkenalkan saya kepada Dr. Robert melalui e-mel: sharifahamirul05@gmail.com
    untuk maklumat lanjut
    Semoga Allah SWT terus memberkati Dr. Robert kerana mengubah keadaan kewangan saya dengan lebih baik dan saya ingin dia hidup lama

    ReplyDelete
  4. Saya perlu memberi keterangan mengenai perbuatan baik yang dilakukan oleh James Althouse Finance Firm untuk saya.
    Saya tidak pernah fikir saya akan berjumpa dengan seseorang seperti Encik James. Dia adalah permata yang jarang berlaku. Saya Aisyah Saya mengambil masa saya untuk bersaksi tentang Encik James kerana dia akhirnya menawarkan apa yang tidak ada orang lain.
    Suami saya dan saya pergi ke hutang besar dengan penghutang dan Bank dan kami sedang mencari pinjaman daripada syarikat pinjaman yang berbeza tetapi semuanya tidak menjadi apa-apa. Sebaliknya mereka membawa kita ke hutang yang lebih banyak dan akhirnya meninggalkan kita sehingga saya bertemu dengan Encik James, dia menawarkan pinjaman walaupun pada mulanya saya takut ia akan berakhir seperti syarikat pinjaman lain yang saya telah cuba untuk meminjam dari, tetapi saya ada mendapati bahawa dia tidak seperti mereka. Kini kami akhirnya menyelesaikan hutang kami dan memulakan perniagaan baru dengan wang yang ditinggalkan pada pinjaman.
    Hubungi Encik James melalui e-mel berikut.
    jamesalthousefinancefirm@gmail.com, atau anda boleh menghubungi saya melalui e-mel saya jika anda ingin mengetahui lebih lanjut: aisyahtaufik23@gmail.com

    ReplyDelete
  5. Selamat Datang di HALO MONEY LENDERS kami memberikan pinjaman dengan persentase tingkat bunga yang sangat rendah dan lebih murah yang Anda perlukan dalam bentuk pinjaman apa pun karena Anda telah mencari melalui celah dan celah dunia namun tidak ada kreditur sejati yang mampu dan atau mampu memberi Anda? cari lagi karena pinjaman kami selalu disetujui dalam waktu yang sangat singkat dan kami memproses semua pinjaman dengan sedikit kertas kerja. Kabar baiknya adalah bahwa pinjaman kami disetujui tanpa menuntut bentuk jaminan keamanan apa pun sehingga kami sangat transparan dan tidak mementingkan diri dalam layanan kami. Jika Anda telah membaca kualitas kami dan mereka sangat sesuai dengan kepuasan Anda silahkan cepat dan hubungi kami melalui surat (halo.moneylenders@gmail.com) InshyAllah kami memiliki solusi untuk semua kondisi keuangan Anda seperti hutang, dana untuk proyek, inisiatif bisnis, memenuhi tagihan mendesak Anda semua ini dan masih banyak lagi

    ReplyDelete
  6. Halo,
    Namaku Mrs. Joan Lukas, saya adalah pemberi pinjaman pinjaman pribadi dan CEO perusahaan pinjaman Joan Lukas dimana saya menawarkan semua jenis pinjaman kepada individu dan bisnis dengan tingkat bunga 2% yang terjangkau .. Apakah Anda memerlukan pinjaman tanpa jaminan? berinvestasi di bisnis Anda, melunasi hutang, atau membangun rumah jika Anda ditolak oleh lembaga keuangan atau bank? maka jangan khawatir lagi, karena Anda berada di perusahaan pinjaman yang tepat yang akan mengubah status keuangan Anda menjadi lebih baik.
    hubungi kami hari ini untuk jumlah pinjaman melalui email: joanlukasloancompany@gmail.com

    ReplyDelete
  7. Halo,
    Nama saya Ayu Ahmed, warga negara Indonesia, dari kota Yogyakarta. Saya ingin menggunakan media ini untuk memberikan rekomendasi krusial bagi semua warga negara Indonesia di mana untuk mencari pinjaman menjadi sangat hati-hati karena internet dipenuhi dengan penipu, beberapa bulan yang lalu saya sangat membutuhkan pinjaman, karena situasi keuangan saya tidak terlalu baik dan putus asa aku jatuh ke tangan pemberi pinjaman palsu, saudi arabia. Saya hampir mati, sampai seorang teman saya merujuk saya kepada pemberi pinjaman yang sangat bisa diandalkan yang disebut Mrs. Mary William, pemilik organisasi kredit global, dia adalah pemberi pinjaman Asli; Saya menelepon dan dia meminjamkan jumlah pinjaman dari Rp 555.000.000,00 dalam waktu kurang dari 12 jam perawatan dengan tingkat bunga 2% dan mengubah kehidupan seluruh keluarga saya.

    jadi ini pekerjaan yang baik dari Ibu Mary William dalam hidup saya dan keluarga saya, saya memutuskan untuk mengingatkan dan membagikan kesaksian saya tentang Ny. Mary, sehingga orang-orang dari negara saya dan kota saya dapat memperoleh pinjaman dengan mudah tanpa stres. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman dalam bentuk apa pun, silakan hubungi Ms. Mary William melalui email: marywilliam902@gmail.com dan Nomor Whatsapp-nya (+1 850- 677-1763)

    Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: ayuahmed180@gmail.com dan Miss Ruth yang memperkenalkan saya dan memberi tahu saya tentang Mrs. Mary, Dia juga menerima pinjaman dari Ibu Mary. Anda juga dapat menghubunginya melalui emailnya: ruthedwin98@gmail.com Sekarang, saya adalah seorang pemilik bisnis wanita yang baik dan hebat di kota saya, Semoga Tuhan terus memberkati Ibu Mary William untuk pekerjaan yang baik dalam hidup saya dan keluarga saya.

    ReplyDelete
  8. Halo,
    Nama saya Ayu Ahmed, warga negara Indonesia, dari kota Yogyakarta. Saya ingin menggunakan media ini untuk memberikan rekomendasi krusial bagi semua warga negara Indonesia di mana untuk mencari pinjaman menjadi sangat hati-hati karena internet dipenuhi dengan penipu, beberapa bulan yang lalu saya sangat membutuhkan pinjaman, karena situasi keuangan saya tidak terlalu baik dan putus asa aku jatuh ke tangan pemberi pinjaman palsu, saudi arabia. Saya hampir mati, sampai seorang teman saya merujuk saya kepada pemberi pinjaman yang sangat bisa diandalkan yang disebut Mrs. Mary William, pemilik organisasi kredit global, dia adalah pemberi pinjaman Asli; Saya menelepon dan dia meminjamkan jumlah pinjaman dari Rp 555.000.000,00 dalam waktu kurang dari 12 jam perawatan dengan tingkat bunga 2% dan mengubah kehidupan seluruh keluarga saya.

    jadi ini pekerjaan yang baik dari Ibu Mary William dalam hidup saya dan keluarga saya, saya memutuskan untuk mengingatkan dan membagikan kesaksian saya tentang Ny. Mary, sehingga orang-orang dari negara saya dan kota saya dapat memperoleh pinjaman dengan mudah tanpa stres. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman dalam bentuk apa pun, silakan hubungi Ms. Mary William melalui email: marywilliam902@gmail.com dan Nomor Whatsapp-nya (+1 850- 677-1763)

    Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: ayuahmed180@gmail.com dan Miss Ruth yang memperkenalkan saya dan memberi tahu saya tentang Mrs. Mary, Dia juga menerima pinjaman dari Ibu Mary. Anda juga dapat menghubunginya melalui emailnya: ruthedwin98@gmail.com Sekarang, saya adalah seorang pemilik bisnis wanita yang baik dan hebat di kota saya, Semoga Tuhan terus memberkati Ibu Mary William untuk pekerjaan yang baik dalam hidup saya dan keluarga saya.

    ReplyDelete